Paket Internet Lokal Telkomsel Tidak Bisa digunakan? Ini dia Tips Mengatasinya

Kuota internet lokal, mungkin kata-kata ini sering terdengar bagi para netizen yang rajin berselancar di dunia maya dengan paket data tidak hanya telkomsel namun beberapa operator juga menyediakan jenis paket ini.

Lalu apa sebenarnya paket internet lokal telkomsel, dan bagaimanakah cara menggunakan paket jenis ini? Mungkin kalimat ini sering ditanyakan dan mungkin kamu salah satunya. 

Baik, simak artikel ini sampai akhir biar lebih mendapatkan informasi

Paket Internet Lokal Telkomsel adalah kuota internet yang hanya bisa di gunakan di area di mana kamu pertama kali mengaktifkan paket tersebut. Sebagai contoh saya mengaktifkan kuota internet lokal telkomsel di Jawa Tengah, maka ketika saya sedang pergi ke Kalimantan otomatis kuota ini tidak bisa digunakan


Sehingga jika kita tarik kesimpulan maka kekurangan kuota internet lokal adalah lokasi nya atau areanya terbatas, berbeda dengan kuota internet malam yang terbatas pada waktu.

Internet Lokal Telkomsel Tidak Bisa di Gunakan

Jika sudah faham mengenai kuota internet lokal telkomsel, mari kita teruskan ke pemabahasan selanjutnya yaitu mengenai paket internet lokal telkomsel tidak bisa digunakan.


Paket Internet Lokal Telkomsel Tidak Bisa di Pakai

Masalah ini sebenarnya banyak sekali dikeluhkan oleh pelanggan telkomsel yaitu mereka memiliki kuota internet lokal namun tidak bisa di gunakan. 

Lalu sebenarnya apa penyebabnya dan bagaimana mengatasi masalah ini?


Ada beberapa poin tentang tips mengatasi paket internet lokal tidak bisa di pakai, berikut beberapa poin-poinya :

1. Cek Zona Lokasi Kuota Internet Lokal Telkomsel

Jika kita mengacu pada tata cara penggunaan paket internet lokal Telkomsel diatas, maka kita menemukan kesimpulan bahwa kuota ini hanya bisa di gunakan di area tertentu saja. 

Sehingga ada kemungkinan jika kamu tidak bisa menggunakan kuota ini adalah disebabkan karena kamu tidak berada di wilayah yang sesuai, maka saran pertama dari saya adalah cek zona lokasi kuota internet lokal kamu

Untuk cara cek zona lokasi kamu bisa tanya langsung ke fanspage facebook telkomsel seperti yang di lakukan oleh salah satu pengguna telkomsel di bawah ini, link FP Telkomsel

cek zona kuota lokal telkomsel
Sebagai contoh gunakan Format ini "Hallo admin telkomsel, saya boleh minta tolong cek kuota lokal saya dengan nomor 08xxxxx ?"

Cara ini sangat efektif dan mudah di lakukan, namun jika ternyata kamu sudah berada di lokasi yang benar akan tetapi kuota internet masih tetap tidak bisa di pakai silahkan ikuti tutorial selanjutnya.


2. Mengubah Jaringan 4G ke 3G H+ WCDMA

Nah kalau cara ini saya dapatkan dari salah satu pengguna kuota internet lokal telkomsel di salah satu blog yang mengalami problem tidak bisa menggunakan paket tersebut. 

Dia mengatakan dalam komentarnya bahwa setelah mengganti ke jaringan 3g WCDMA paket tersebut bisa digunakan.

Untuk cara mengganti jaringan 4G ke 3G atau H+ sendiri saya rasa kamu bisa sendiri ya. 

Kamu bisa menggunakan kode dial *#*#4636#*#* lalu pilih informasi telepon dan pilih WCDMA only. kemudian coba gunakan apakah kuota sudah bisa digunakan atau belum.

Jika tidak bisa mengubah jaringan silahkan cek google sesuai tipe hp kamu.

3. Reboot Ponsel dan Pastikan Kartu Masih Aktif

Hal yang ketiga di lakukan adalah coba muat ulang ponsel kamu atau reboot, kemungkinan setelah mereboot koneksi internet bisa berjalan lagi dan pastikan kartu kamu masih dalam masa aktif dan bukan dalam masa tenggang.

Hal ini perlu dilakukan karena kartu yang sudah habis masa aktifnya biasanya tidak bisa di gunakan untuk berselancar di dunia maya, cek cara mengetahui masa aktif telkomsel.


4. Hubungi Call Center atau CS Telkomsel

Seperti yang pernah saya singgung di postingan sebelumnya bahwa call center atau customer service merupakan tempat terbaik untuk mengadu berbagai permasalahan mengenai kartu perdana sehingga akan lebih tepat jika kamu tanyakan masalah ini kepada yang lebih mengetahui

Nah jika kamu tetap tidak bisa menggunakan kuota lokal telkomsel padahal kuota masih dan kamu sudah berada di tempat yang tepat maka solusi terbaiknya adalah mengadu ke pihak telkomsel dengan menghbungi via call center atau CS.

Sepertinya cukup sekian pembahasan postingan ini mengenai kuota internet lokal telkomsel yang tidak bisa di gunakan. Semoga membantu

LihatTutupKomentar